5 Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Sunblock

5 Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Sunblock

Banyak dari Anda mungkin belum menyadari betapa pentingnya tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Di bawah ini merupakan alasan mengapa sunblock sangat penting untuk melindungi kulit.

5 Alasan Mengapa Anda Harus Pakai Sunblock

MENGGUNAKAN pelembab wajah saja tidak cukup untuk melindungi kulit wajah Anda dari bahaya sinar matahari. Walaupun beberapa pelembab wajah mengandung tabir surya, namun kegunaannya tidak sempurna. Anda tetap harus memakai sunblock wajah. Ada banyak merk sunblock yang bagus, bahkan kini sudah banyak pilihan sunblock wajah yang ringan di kulit dan tidak menimbulkan jerawat.

Manfaat menggunakan sunblock mungkin tidak akan dirasakan dalam jangka pendek, namun 20 tahun dari sekarang kulit Anda akan berterima kasih kepada Anda.

Berikut adalah alasan mengapa harus memakai sunblock dari seorang dermatologis Dr. Wendy Roberts. Pilihlan sunblock yang bagus dengan minimal SPF 30 dan PA+ seperti Banana Boat atau Parasol.

  1. Lapisan ozon yang melindungi bumi semakin menipis dan Anda membutuhkan perlindungan lebih dari sinar ultraviolet yang berbahaya.
  2. Kanker kulit sedang mengalami peningkatan penderita dan penggunaan sunblock telah terbukti mengurangi resiko perkembangan kanker.
  3. Sunblock mencegah timbulnya flek hitam pada wajah dan warna kulit tidak rata.
  4. Sunblock mengurangi munculnya pembuluh darah kemerahan yang nampak di permukaan kulit dan bercak noda hitam.
  5. Sunblock memperlambat penuaan kulit dan munculnya keriput.

Bagaimana mendapatkan vitamin D dari matahari?

Kebanyakan orang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dari aktivitas sehari-sehari di luar ruangan selama 5 menit sampai 30 menit selama 2 kali dalam seminggu. Selain itu, Anda juga dapat memnuhi kebutuhan vitamin D dari makanan seperti ikan, produk susu, hati, telur, dan suplemen vitamin D. Terpapar sinar matahari secara berlebihan lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya, karena radiasi ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Peharikan obat-obatan yang membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap matahari dan membuatnya lebih cepat terbakar. Obat-obatan tersebut termasuk anti radang, obat kardiovaskular, dan obat jerawat. Beberapa obat perawatan kulit yang mengandung isotretinoin dan benzoyl peroxide dapat membuat kulit cepat terbakar melalui proses fotosintesis. Selalu gunakan sunblock ketika sedang menggunakan obat-obatan yang disebut diatas.

Adakah sunblock yang tidak menyebabkan warna putih mencolok di kulit?

Saat ini sudah ada sunblock dengan formula yang tidak membuat kulit terlihat putih dan tidak memantulkan cahaya. Kandungannya antara lain tinted mineralized zinc dan titanium oxide yang dapat disesuaikan dengan warna kulit. Sunblock wajah yang paling digemari saat ini salah satunya adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50.

Baca juga: Lindungi Wajah Cantik Anda dengan Biore UV Aqua Rich: Sunblock Wajah Anti Lengket

Pendapat ahli tentang sunblock spray

Sunblock spray dapat bekerja sama baiknya dengan yang berbentuk losion. Kuncinya tetap harus diratakan secara menyeluruh di kulit yang akan terpapar. Sunblock spray digemari bagi mereka yang tidak menyukai tekstur losion. Ada pula sebagian orang yang memakai kedua jenis sunblock spray dan losion. Sunblock spray lebih mudah untuk pengaplikasian ulang, karena sunblock harus dipakai ulang setiap 2 jam sekali atau 4 jam sekali. Sunblock spray Banana Boat banyak mengandung varian SPF dan jenis yang kebutuhan Anda.

Bahaya menggunakan sunblock kadaluarsa

Sunblock yang telah melewati batas waktu kadaluarsa tidak lagi memiliki perlindungan bagi kulit. Jika Anda tetap memakainya, kulit Anda akan tetap terpapar sinar UV yang jahat dan dapat terbakar matahari. Selain tidak ada proteksinya, sunblock kadaluarsa juga bisa menyebabkan iritasi kulit jika terus digunakan.

Mulai sekarang, jangan sepelekan lagi manfaat menggunakan sunblock untuk melindungi kulit, ya!

Leave a comment