4 Suplemen untuk Menambah Massa Otot Secara Cepat

Apakah Anda pernah mencoba untuk membesarkan otot tapi hasilnya tak kunjung terlihat? Baca terus untuk mengetahui cara memperbesar otot dengan suplemen untuk hasil yang lebih cepat.

4 Suplemen untuk Menambah Massa Otot Secara Cepat

ADA banyak suplemen fitness yang dijual di pasaran untuk membantu Anda membesarkan otot dan memulihkan tubuh setelah melakukan olahraga yang berat.

Secara keseluruhan, hampir semua suplemen fitness memang cocok dan dapat bekerja dengan baik pada sebagian besar orang.

Namun pada sebagian orang lainnya, reaksi dari suplemen yang dikonsumsi tidaklah sama dengan yang lain.

Terlepas dari perbedaan tersebut, berikut adalah suplemen fitness yang terbukti ampuh untuk menambah massa otot paling cepat.

CREATINE

Setelah mengikuti berbagai tips olahraga yang Anda peroleh dari berbagai sumber, terkadang hasilnya tak kunjung terlihat. Mungkin Anda membutuhkan creatine.

Creatine adalah zat alami yang ada di dalam sel otot kita, terutama di sekitar jaringan otot rangka, di mana sekitar 95% suplai creatine tubuh dapat ditemukan. Sisanya disimpan di bagian tubuh lainnya.

Metabolit alami ini telah direproduksi sebagai kreatin monohidrat untuk keperluan suplemen makanan. Ini digunakan untuk produksi dan modulasi energi seluler.

Manfaat suplemen creatine:

  • Mempromosi massa tubuh tanpa lemak
  • Meningkatkan volume sel otot
  • Memulihkan lebih cepat pasca latihan
  • Meningkatkan penyimpanan glikogen
  • Meningkatkan performa otot berintensitas tinggi

Para atlet biasanya lebih suka mengonsumsi creatine saat latihan beban dan binaraga karena kecepatan untuk meningkatkan massa otot yang dibangun.

Ultimate Nutrition Creatine Monohydrate 900mg - 200 Kapsul, Rp. 490,000; beli di sini

Ketika sudah mencapai massa yang diharapkan, Anda dapat dengan mudah berhenti mengonsumsi creatine karena diproduksi secara alami oleh tubuh.

Ketika seseorang berhenti mengonsumsi suplemen ini, kadar creatine di tubuh akan kembali normal dalam waktu 3-4 minggu.

Baca juga: Suplemen Andalan Saat Workout

BETA-ALANINE

Beta-alanine (BA) adalah asam amino non-esensial alami yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kaya akan protein seperti daging unggas.

Beta-alanine ini berguna untuk meningkatkan kadar carnosine di dalam otot. Hal ini penting karena selama latihan dengan intensitas tinggi, tubuh Anda mengumpulkan sejumlah besar hidrogen yang menyebabkan pH tubuh menurun dan asam laktat dalam tubuh meningkat.

Pengasaman tubuh ini dapat menyebabkan rasa lelah berlebih, menurunkan kinerja otot, dan mematikan dorongan saraf yang dapat menyebabkan kerusakan otot.

Dengan mempertahankan tingkat kadar carnosine melalui suplemen fitness yang mengandung BA, tubuh dapat menunda akumulasi hidrogen dan keasaman yang dihasilkan, yang kemudian dapat menunda kelelahan dan kegagalan otot.

Manfaat tambahan suplementasi beta-alanin:

  • Meningkatkan daya tahan latihan
  • Meningkatkan hasil latihan
  • Menunda rasa lelah
  • Meningkatkan kemampuan sprint (berlari dengan cepat)
  • Bekerja secara sinergis dengan creatine

    WHEY PROTEIN

    Sudah menjadi dugaan umum bahwa para body builder dan trainer dapat meningkatkan performa dan menambah massa otot mereka dengan mengonsumsi protein shake atau suplemen fitness.

    Whey protein memasok tubuh dengan kandungan protein yang tinggi dan dapat membantu pertumbuhan otot.

    Whey protein biasanya dikonsumsi pada saat sebelum dan sesudah berolahraga untuk meningkatkan sintesis protein dan untuk pemulihan tubuh serta otot.

    Menambahkan whey protein sebagai suplemen latihan Anda akan mempercepat proses penambahan lemak bersih dan pengurangan lemak kotor dalam tubuh Anda.

    Mutant Whey Chocolate - 5 Lbs, Rp. 952,500; beli di sini

    Berikut adalah beberapa manfaat utama suplemen whey protein:

    • Mudah Dicerna

    Para weight trainer dan atlet menghemat waktu dengan mengonsumsi whey protein setelah latihan untuk mendapat nutrisi yang lebih cepat diserap tubuh.

    Whey adalah protein susu yang dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh dan segera bekerja untuk membantu mengirimkan asam amino ke otot rangka.

    • Intoleransi Laktosa

    Intoleransi laktosa merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang untuk mencerna gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya (laktosa) karena tubuhnya tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup.

    Bagi yang mengalami intoleransi laktosa dapat mengonsumsi whey protein isolate yang mengandung protein murni lebih tinggi dan bisa dibilang bebas laktosa.

    Contoh dari bubuk protein yang bebas laktosa adalah Optimum Nutrition 100% Whey Gold.

    • Meningkatkan Perbaikan Otot

    Ketika Anda menyelesaikan latihan angkat beban yang intens atau megikuti acara olahraga seperti lari maraton, tubuh membutuhkan waktu untuk memperbaiki diri.

    Protein adalah zat esensial untuk membangun dan memperbaiki otot. Protein ini dikemas dalam bubuk whey protein dan suplemen fitness.

    Ketika mengonsumsinya setelah berolahraga, protein dapat memicu pemulihan otot dengan cepat.

    • Penahan Rasa Lapar

    Mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat mencegah rasa lapar sehingga dapat mempermudah Anda untuk mengonsumsi makanan rendah kalori merasakan lapar yang berlebihan.

    Suplemen dan whey protein bisa digunakan sebagai pengganti makanan atau sebagai camilan di sela waktu makan. 

    • Asam Amino

    Tubuh kita membutuhkan sejumlah besar protein berkualitas dan asam amino untuk menjalankan fungsinya.

    Suplemen whey protein mengandung konsentrasi sangat tinggi dari asam amino esensial yang memberikan bantuan dalam sintesis protein.

    • Meningkatkan Metabolisme

    Mengonsumsi protein dalam jumlah yang besar dapat menjadi bahan bakar tersendiri bagi tubuh.

    Saat dikonsumsi sebagai asupan sehari-hari, protein akan menyediakan sumber energi yang besar untuk menjaga metabolisme tubuh.

    Dengan metabolisme yang lebih baik, pembakaran kalori dalam tubuh Anda menjadi lebih tinggi.

    Baca juga: Whey Protein Itu Penting Lho, Apalagi Buat yang Ingin Kurus!

    BRANCHED-CHAIN AMINO ACID (BCAA)

    Suplemen umum lainnya yang dikonsumsi oleh weight trainers dan body builder adalah Branched-Chain Amino Acid (BCAA).

    Dari 20 asam amino dalam tubuh, tiga disebut sebagai BCAA: leucine, isoleucine, dan valine. Ini adalah asam amino utama yang merangsang sintesis protein dan membantu mengatur metabolisme protein.

    Tubuh menggunakan BCAA untuk membantu memulihkan otot. Seperti whey protein, suplemen BCAA mendorong nutrisi ke jaringan otot dan memungkinkan pemulihan pasca latihan dengan lebih baik.

    Prolab BCAA Plus - 180 Kapsul, Rp. 595,000; beli di sini

    Di dalam otot, BCAA berfungsi sebagai sumber energi selama berolahraga sehingga mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA dapat membantu memulihkan nutrisi yang hilang selama latihan.

    Suplemen ini juga mengurangi rasa sakit akibat kelelahan otot dan memperbaiki pemulihan metabolik. Mengkonsumsi BCAA adalah salah satu tips olahraga yang tepat untuk Anda lakukan.

    Baca juga: Jangan Salah Beli Suplemen Fitnes, Baca Dulu Tips Berikut!

    KESIMPULAN

    memang Anda dapat mendapatkan bentuk tubuh atletis tanpa suplemen namun hal tersebut tentu akan memakan waktu yang lebih lama.

    Meskipun tidak ada hasil yang instan, mengonsumsi suplemen adalah salah satu cara memperbesar otot dengan jangka waktu yang lebih cepat daripada hanya melakukan latihan saja.

    Dengan mengonsumsi suplemen yang tepat, Anda akan mendapatkan tubuh atletis lebih cepat. 

    Karena bila hanya dengan mengandalkan tips olahraga yang Anda dapatkan dari berbagai sumber, itu belum cukup untuk membentuk tubuh Anda agar menjadi lebih atletis.

    Selain untuk menambah massa otot, suplemen fitness juga berfungsi untuk membantu pemulihan otot setelah melakukan latihan olahraga berat.

    Kembali ke blog

    4 komentar

    bisa beli Taiwan gak ya?

    gimball

    Adakah yg mencangkup 4 suplemen di atas

    fadli

    Supleman apa yg menyangkut 4 hal trsebut adakah. Trus harganya berapa

    Yunus

    apakah ada suplemen sudah mengandang semua 4 jenis suplen d atas…. contohx real mass…

    elvis

    Tulis komentar

    Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Artikel terkait