Fakta Menarik Bunga Anggrek

Apakah Anda tahu bahwa spesies bunga anggrek tertentu bisa bertahan hingga 100 tahun? Dan bahwa bunga anggrek merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan jenis yang berhasil didokumentasikan mencapai jumlah yang sangat luar biasa hingga 25.000 lebih? Dengan adanya banyak varietas dari bunga anggrek maka tidak heran lagi kalau ada fakta menarik mengenai bunga anggrek ini yang belum banyak diketahui.

bunga anggrek

BUNGA anggrek banyak dicari oleh orang karena keindahan dan keeksotisannya. Mereka memang agak sulit tumbuh, sedikit rewel, dan lebih indah dengan berbagai variasi di warna, ukuran dan keharumannya. Untuk keperluan pernikahan dan pesta kebun, bunga anggrek tidak pernah menjadi pilihan yang salah, hal ini juga terbukti bahwa bunga anggrek merupakan bunga yang paling populer menjadi buket anggrek dalam rumah di Amerika Serikat.

Menurut Teleflora, pada saat puncak era Victorian, antara tahun 1838 dan 1910, dimulailah obsesi pada bunga anggrek. Selain itu, ada beberapa pemburu yang berkelana ke berbagai negara di seluruh dunia untuk khusus mencari bunga anggrek. Mereka berusaha keras untuk mengambil bunga anggrek, sampai harus berurusan dengan penduduk setempat dan pejabat yang marah. Namun, usaha mereka tidak sia-sia. Pengiriman bunga anggrek sekali saja bisa bernilai hingga 80.000 dollar pada saat itu.

Fakta unik mengenai bunga anggrek

Anggrek adalah keluarga terbesar dari tanaman berbunga

Bunga anggrek mungkin sudah sangat lama hidup karena jenis bunga ini merupakan yang tertua di dunia. semenjak semua varietas bunga anggrek ditemukan di dunia, ada fakta menunjukkan bahwa bunga anggrek sudah ada sebelum terjadinya pemisahan benua.

Ada lebih dari 25.000 spesies bunga anggrek yang berhasil didokumentasikan di seluruh dunia

Jumlah ini akan semakin bertambah setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa varietas bunga anggrek di planet ini adalah empat kali lebih banyak dari jumlah burung dan empat kali lebih banyak dari jumlah mamalia.

jual bunga anggrek lengkap

Meskipun umumnya dianggap sebagai tanaman tropis namun bunga anggrek dapat hidup di semua benua

Di setiap iklim, bunga anggrek dapat hidup dan menjadi bunga paling indah di setiap benua. Bunga anggrek juga memiliki makna berbeda tergantung dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat sekitar.

Bunga anggrek vanilla (dan kacang vanila) adalah satu-satunya bunga anggrek yang dikomersialkan

Yup, ekstrak vanilla berasal dari bunga anggrek

Anggrek memiliki benih terkecil di dunia

Hal ini menjadi tantangan untuk mereka dapat tumbuh dan menumbuhkannya. Dan mereka dapat memakan waktu lama untuk berubah menjadi tanaman! Menanam anggrek hanya untuk mereka yang sabar dan sangat mementingkan area hijau.

Terdapat hingga 3 juta benih yang ada di dalam satu kantong benih anggrek tunggal

Meskipun Anda tidak dapat melihat benih-benih itu, karena ukuran mereka seperti debu dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Hal yang membuat ukuran mereka kecil adalah karena tidak memiliki endosperm dan tidak memiliki nutrisi di dalamnya. Mereka harus mendapatkan kontak dengan jamur terlebih dahulu supaya bisa menjadi kecambah dan tumbuh.

Membutuhkan kesabaran untuk menanam anggrek

Bunga anggrek tidak akan muncul semenjak dari kecambah setidaknya sampai 5 hingga 7 tahun lamanya. Bunga anggrek yang Anda temukan di toko hias tentunya sudah sangat tua!

Beberapa bunga anggrek hanya mekar selama beberapa jam namun beberapa lainnya dapat mekar selama bertahun-tahun

Jika Anda merencanakan menggunakan bunga anggrek untuk keperluan event, tanyakan pada floris jakarta. Atau mengenai buket anggrek mana yang dapat bertahan lama sehingga tidak membuat dompet Anda jebol.

Bunga anggrek selalu tumbuh ke bawah jika sudah dewasa

Kelopak bunga mereka cenderung lebih berat dan tebal.

Tanaman anggrek dapat hidup hingga 100 tahun

Memiliki tanama anggrek itu seperti sebuah komitmen panjang yang sangat serius. Siapa tahu?

Bunga anggrek menjadi salah satu bunga yang sangat populer menjadi tanaman rumahan sepanjang waktu

Baru-baru ini adalah fakta menarik yang menyebutkan jenis anggrek menjadi yang paling populer bahkan melampaui bunga africant violets. Ada sedikit istilah bahwa sangatlah sulit untuk membuat tanaman African violets mati namun butuh waktu beberapa minggu saja untuk membuat tanaman anggrek tidak mekar lagi. Don’t judge. Semua memiliki kelebihannya masing-masing

jual karangan bunga anggrek murah dan lengkap

Ukuran tanaman anggrek tergantung dari spesiesnya

Tanaman anggrek dapat berukuran sangat kecil dan bisa juga sangat besar, dengan berat beberapa ratus pounds. Grammatophyllum merupakan tanaman anggrek yang memiliki ukuran sedang hingga yang paling besar, termasuk tanaman anggrek raksasa (Grammatophyllum speciosum), dipercaya sebagai tanaman anggrek terbesar dari semua spesies yang ada. Tanaman anggrek tersebut dapat tumbuh hingga mencapai 2,5 m. Plztystele jungermannioides, dimana merupakan spesies terkecil hanya tumbuh sampau 2 mm saja. tanaman anggrek dapat mekar dan mencapai beberapa ratus kilo sampai satu ton. Akarnya membuat bentuk yang spektakuler.

Setiap bunga anggrek memiliki bentuk yang simetris,

Ini berarti anggrek dapat dibelah menjadi dua bagian yang sama.

Ukuran, bentuk dan tekstur dari daun anggrek akan tergantung di mana habitatnya.

Anggrek yang tumbuh di daerah kering akan memiliki daun tebal dengan lapisan lilin. Sementara anggrek yang tumbuh di daerah basah akan memiliki daun tipis dengan daun memanjang. Bahkan ada jenis anggrek tertentu yang tidak memiliki daun.

Tanaman anggrek tidak memiliki akar yang sama.

Mereka ada yang memiliki rimpang, umbi dan akar di udara.

Anggrek memiliki cara hidup beragam

Anggrek dapat hidup di tanah (bentuk terestial), ada yang melekat di pohon (epifit) dan hidup di bawah tanah.

Beberepa spesies anggrek hidup sebagai parasit.

Mereka tidak dapat menghasilkan makanan (gula) menggunakan sinar matahari dan karbon dioksida seperti tanaman lainnya. jadi, mereka mendapatkan makanan dari jamur yang ada di akar mereka.

Hubungan antara spesies anggrek tertentu dengan serangga sangatlah dekat.

Ada beberapa anggrek yang memiliki kelopak seperti serangga betina sehingga menarik serangga jantan menempel di kelopaknya dan kemudian melakukan penyerbukan. Anggrek Apifera atau lebih dikenal dengan blue orchid memiliki aroma dan penampilan yang sangat menarik.

Orang menggunakan bunga anggrek untuk banyak kepentingan.

Zat yang ada di dalam bunga anggrek banyak digunakan oleh industri parfum, rempah-rempah dan obat tradisional di Asia.

 

Kembali ke blog

1 komentar

hyf

y

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait